Momen Langka, Imam Masjidil Haram Sujud Sahwi saat Tarawih

SHARE  

MECCA, SAUDI ARABIA - AUGUST 16: (----EDITORIAL USE ONLY â MANDATORY CREDIT -  Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada kejadian langka yang terjadi saat pelaksanaan salat tarawih di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi pada Senin lalu. Pasalnya Imam Masjidil Haram, Yasir Al Dawsary melakukan sujud sahwi saat tarawih.

Momen viral ini pun menjadi viral di media sosial. Salah satunya akun Haramain Archive mengunggah video berisi jemaah tarawih yang dipimpin Al Dawsary di media sosial X.

“Dalam kasus yang jarang terjadi, Syekh Yasir Al Dawsary melakukan Sajda Sahu (sujud karena lupa) selama Sholat Tarawih,” tulis akun tersebut, dikutip Kamis (21/3/2024).

Imam duduk setelah melakukan kesalahan hanya 1 rakaat dan kemudian bangun setelah diingatkan,” tambahnya.

Setelah sujud di rakaat pertama, sebagai imam, Yasir Al Dawsary seharusnya berdiri, tetapi dia duduk karena lupa atau tak sengaja. Sujud sahwi kemudian dilakukan usai imam diingatkan jemaah dan kembali berdiri.

Sujud sahwi boleh dilakukan karena beberapa alasan tertentu. Alasan itu di antaranya tak melakukan salah satu sunnah muakkad dalam salat, muncul keraguan mengenai jumlah rakaat, dan tak sengaja melakukan sesuatu yang membatalkan https://kesulitanitu.com/salat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*